Ali Wardana; Pentingnya Penerapan Sistem Tata Kelola Yang Baik Pada UKMK Indonesia

Utamasinergibangsa.comPenerapan sistem tata kelola yang baik pada para pelaku UMKM sangatlah penting peranannya, karena selain dapat meminimalisir kegagalan proses/usaha juga membantu para pelaku UMKM untuk dapat naik kelas.

Naik kelas bukan hanya sebatas karena produk laris terjual, produk memiliki kemasan yang bagus dan menarik atau produk terjual ke luar negeri. Itu  mungkin hanya sebagain dampak kecil dari salah satu penerapan sistem tata kelola usaha yang baik.

Dalam konteks ini, naik kelas yang dimaksud pada UMKM adalah mengkrucut pada sebuah konsep substansinya, yaitu bagaimana membangun UMKM yang berkualitas, memiliki daya saing yang kuat dan mampu berkembang secara berkelanjutan dan berkesinambungan dengan sistem tata kelola usaha yang memadai.

Ali Wardana dalam bincang-bincangnya mengatakan, “untuk dapat mampu bersaing dan naik kelas maka UMKM harus dapat menerapakan sistem tata kelola dengan baik dalam usahanya”.  Ini disampaikan saat dirinya berada di tempat usahanya Jl. Mereka Laung Tuhup, Murung Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu, 05/06/2021.

Penanganan dan pengentasan hal ini memang tidaklah gampang, dan pastinya dibutuhkan adanya kerja sama yang solid antara pemerintah dengan para kelembagaan sosial binaan UMKM, tokoh masyarakat, penggiat UMKM dan para pihak terkait lainnya.

Dengan kerja sama yang solid diharapkan selain dapat meringankan dalam penanganannya, juga mempercepat penyampaian dan penyerapannya terkait dengan pengetahuan sistem tata kelola kepada para pelaku UMKM melalui program-program yang akan digulirkan.

“Jika pelaku UMKM Indonesia yang sebagian besar pengelolaannya masih tradisional dibina dengan baik untuk pembekalan wawasan dan pengetahuan sistem tata kelola usaha yang cukup, kedepan UMKM Indonesia pastinya dapat naik kelas”, tutur Ali Wardana dengan semangat.

Dengan penerapan sistem tata kelola secara mamadai, UMKM Indonesia akan mampu tumbuh dan berkembangan profesional secara berkelanjutan dan berkesinambunagan, dari usaha Gurem naik kelas ke UMKM, dari UMKM naik kelas UKM dan selanjutnya hingga menjadi perusahaan besar.

“Semoga pemerintah dapat mendukung sepenuhnya para pelaku UMKM melalui program-programnya agar UMKM Indonesia menjadi UMKM handal yang mampu bersaing dan tumbuh menjadi usaha besar”, terang Ali Wardana dengan tetap semangat dalam gaya khasnya.

Sistem tata kelola usaha UMKM yang dimaksud dapat meliputi: sistem tata kelola organisasi, operasional, pemasaran, keuangan, akuntansi dan lainnya jika diperlukan. Dengan demikian UMKM Indonesia akan semakin berkualitas dan dipercaya oleh para investor karena bankable.  

“Yuk bersama kita bangun UMKM yang solid dan selalu mau belajar bersama untuk dapat tumbuh dan berkembang menjadi usaha besar”, pungkas Ali Wardana sebagai salah satu Pembina DPW USB Kalimantan dan anggota Kopersi UMKM USB. (Red)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*