Maklum Raja Borneo – UMKM USB, Optimis Sabun Kesehatan Anak Bangsa Mampu Terobos Pasar Ekspor

Utamasinergibangsa.com – Tak ada produk yang dihasilkan yang tak dapat dipasarkan, semua tergantung pada sistem dan strategi yang digunakan. Sistem dan strategi dalam dunia usaha merupakan kunci utama untuk dapat merubah image dari produk yang dihasilkan sehingga mampu memberikan nilai tambah pada produk, baik performance, image, kemampuan daya jual dan harga di pasaran. 

Berdasarkan hasil penuturan yang telah disampaikan oleh Maklum (Maklum Raja Borneo) kepada Utamasinergibangsa-Liputan, dirinya telah banyak mencoba berbagai macam sistem dan strategi, baik pada proses produksi maupun pemasaran produk Sabun Kesehatan yang telah digeluti sebagai bidang usahanya. Hal ini disampaikan saat dirinya berada di kediamannya Jl. Manggis, Barito Utara, Melayu, Teweh Tengah, Kalimantan Tengah, pukul 14.00 Wib., Kamis, 16/04/2020.

Foto: Tim Usaha Raja Borneo Grup

Maklum Raja Borneo, pria kelahiran asal Waipare (Floress), tahun 1986, dengan hobby utamanya olahraga ini, dalam lingkungannya dikenal sebagai sosok pengusaha yang memiliki prinsip kuat, inspirator dan sekaligus motivator yang selalu energik dengan tanpa mengenal putus asa dalam menjalani profesi usahanya. Pasalnya, dalam kehidupan baginya tidak ada hal yang tidak mungkin jika dilakukan dengan bersungguh-sungguh, selalu belajar dan berdoa serta mengembangkan jaringan usaha (networking) dengan baik dan profesional.

Walaupun dirinya hanya berbekal Lulusan SMA, namun tak pernah sedikitpun mematahkan mental dan semangat bajanya dalam berkarya dan berkompetisi mengadu nasib melaui bidang usaha yang dikelolanya. Baginya, sukses adalah hak bagi semua orang yang telah mampu memposisikan dirinya dengan baik untuk dapat diterima dengan lingkungan atas segala potensi yang telah dimiliki melalui ide-ide yang dihasilkan.

Foto: Tim Usaha Raja Borneo Grup

Dengan demikian, seseorang mampu menciptakan medan magnet yang kuat dan positif untuk dapat memikat banyak orang guna merealisasikan visi-nya melalui konsep kerja sama yang saling menguntungkan. Selain itu, Sukeses dapat terealisasi jika kita telah mampu menciptakan Keahlian Diri dari potensi-potensi yang dimiliki melalui proses penempaan perjalanan waktu yang ditempuh dengan perjuangan yang tidak gampang. Dalam upaya membangun Keahlian-nya, ia pun telah menebusnya dengan menempuh perjalanan waktu yang kurang lebih selama 10 (sepuluh) tahun.

Beraneka ragam pengalaman yang telah ia lewati dalam mengarungi perjuangan hidupnya. Pahit, pedih, perih, letih dan getirnya perjuangan dalam menghadapi badai kehidupan usaha yang kadang membuat dirinya tersungkur dan jatuh bangun pun tidak membuat semangatnya semakin kandas. Atas pengalaman yang telah ia laluinya justru membuat Imun yang dapat membentuk Kekebalan pada mental, perasaan, batin dan pemikirannya yang semakin cemerlang.

Foto: Tim Usaha Raja Borneo Grup

Terpaan yang telah dilaluinya, justru semakin membuat semangatnya bergelora dan membentuk Mental Baja yang selalu memacu Adrenalin-nya semakin kuat dan diyakini dapat merealisasikan visi hidup dan cita-citanya. Dengan bekal pengalaman atas kegagalan yang telah ia lalui, akhirnya pun membuahkan rancangan sitsem dan strategi bidang usaha Produksi Sabun, yang dapat digunakan sebagai jalan meraih kesuksesannya untuk dapat memberikan kemanfaatan bagi banyak orang yang membutuhkan.

Di tahun 2019, sistem dan strategi yang telah ia susun dan peroleh dari pengalaman hidupnya, direalisasikan kembali dalam bentuk usaha produksi Sabun Kesehatan dengan nama “Raja Borneo Grup (Raja Borneo Soap). Usaha dalam bidang produksi Sabun Kesehatan yang merupakan peluang usaha menjanjikan dan prospekif, akhirnya dikibarkan dengan berbekalkan keyakinan yang bulat dan modal awal sebesar Rp 50.000.000 serta dukungan jumlah karyawan sebanyak kurang lebih 11 (sebelas) orang.

Foto: Tim Usaha Raja Borneo Grup

Alasan yang menjadi keyakinan sebagai dasar keputusan dalam bidang usaha Sabun Kesahatan ini, meliputi: 1) Sebagai kebutuhan Primer seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang baru lahir sekalipun, 2) Mengacu konsep pelestarian khas Budaya Daerah, 3) Sebagai komponen penting dalam Kebersihan Kulit, 4) Bahan dasar yang aman karena bersifat Alami dan Herbal, dan 5) Memiliki banyak Kemanfaatan bagi Kesehatan Kulit.

Dengan sistem dan strategi produksi serta pemasaran yang berbeda dengan pengusaha Sabun lain pada umumnya yang diperoleh dari hasil inovasinya, juga diyakini mampu digunakan sebagai terobosan alternatif. Baginya tidak ada produk yang tidak dapat dijual di pasaran, apalagi jika telah didukung dengan sistem dan strategi yang kuat untuk meningkatkan performance dan nilai jual. Kini dalam kurun waktu 2 (dua) tahun, usaha yang dirintisnya telah mampu berkebang dengan pesat dan dalam waktu yang singkat mampu menembus pasar di 5 (lima) Kabupaten, seperti: Barito Utara, Kabupaten Murung Raya, Bariro Selatan, Barito Timur dan Kodya Palangkaraya.

Foto: Kemasan Produk Usaha Raja Borneo Grup

Maklum Raja Borneo mengatakan usaha produk Sabun Kesehatan yang telah kami kelola selain dapat menjadi peluang usaha terobosan produk alternatif yang prospektif karya anak bangsa, juga menjadi kebanggaan daerah Kalimantan Tengah karena mengacu pada standar khas budaya daerah. Kedepan setelah masa wabah Covid-19 reda, kami pun memiliki target rencana untuk mengembangkan pemasaran ke beberapa daerah lainnya, harapannya hingga ke seluruh tanah air Indonesia dan bahkan sampai menerobos pasar Ekspor.

Sabun Kesehatan yang kami produksi selain untuk kebersihan kulit juga banyak memberikan kemanfaatan kesehatan lainnya, seperti untuk menghilangkan jerawat, flek hitam, menghaluskan dan mempercerah wajah, menunda penuaan dini, meyembuhkan gatal-gatal, menghilangkan kutu air dan lainnya,  karena diproses dari komposisi Minyak Zaitun, Colagen, Vitamin C, Propolis Honey, Gliselin dan Parfum”, terang Maklum Raja Borneo dengan penuh semangat.

Foto: Brosur Produk Usaha Raja Borneo Grup

“Terima kasih atas kebaikan dan kepedulian yang telah diberikan oleh Komunitas UMKM Utama Sinergi Bangsa (USB) yang telah berkenan membantu menggunggah kami melalui Program Pemberitaan Peluang Usaha degan suka rela, semoga USB selalu solid dan berjaya”, tutup Maklum Raja Borneo. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Sharing usaha dapat dilihat pada link sebagai berikut:

Maklum Raja Borneo – Anggota UMKM USB, berbagi cerita pengalama usaha untuk dapat menginspirasi. Semoga dapat bermanfaat untuk kemajuan usaha Bersama.

Dikirim oleh Utama Sinergi Bangsa pada Rabu, 22 April 2020

Link Promo Produk Sabun Kesehatan Raja Borneo:

Comments (12)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*