USB Realisasikan Pemutihan Penyuluhan Pendirian Koperasi

Utamasinergibangsa.comPendirian Koperasi merupakan salah satu program jangka panjang Utama Sinergi Bangsa (USB) yang telah tertuang dalam AD/ART dan bertujuan untuk dapat membina para anggota UMKM/UKM USB yang dilakukan secara suka rela dan gotong royong untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bersama.

Setelah dilakukan pemutihan pendirian Koperasi yang termasuk didalamnya memilih Ketua, Bendahara dan Sekretaris Koperasi USB, tak lama kemudian M. Rusmono, S.E., M.Ak. (Ketua Umum USB) menggelar Penyuluhan kembali yang dilakukan dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop dan UMKM) Depok.

Gelaran pelaksanaan penyuluhan ini dilakukan dalam rangka melakukan pemutihan pendirian Koperasi yang diberi nama Koperasi Konsumen Serba Usaha Utama Sinergi Bangsa (KKSU-USB) karena pengunduran diri Ketua KKSU-USB terpilih sebelumnya yaitu Drs. Sugiharto Masruri, M.A. CM.

Pengunduran diri yang dilakukan dikarenakan kesibukannya dalam pekerjaan, oleh karenanya untuk tetap dapat menyelesaikan proses legalitas ke Notaris dan keamanan kedepannya maka USB melakukan pemutihan termasuk penyuluhan yang dilakukan oleh Dinkop dan UMKM Depok.

Pemutihan tidak hanya sebatas pada proses pelaksanaan pendirian, pemilihan pengurus dan pelaksanaan penyuluhan saja, namun dilakukan ke seluruh kelengkapan persyaratan administrasi pendukung lainnya termasuk penyusunan Anggaran Dasar/ Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KKSU-USB.

Penyuluhan digelar dengan menggunakan sistem Daring (Aplikasi Google Meet) yang diikuti kurang lebih 20 anggota, dengan dikoordinir oleh M. Imam Suswandoyo, S.E., M.Ak. (Sekjend USB) dan dipimpin oleh Ketum USB (M. Rusmono) pada hari Sabtu, tanggal 08/05/2021 di Sekterariat USB, Perumahan CPV, Jl. Pulo Mangga, Grogol, Limo, Depok.

Rangkaian mata acara pelaksanaan penyuluhan semua dapat berjalan dengan lancar dari Pembukaan, Sambutan-Sambutan, Pembacaan Tata Tertib, Penyuluhan, Diskusi dan Penutup. Dimana dalam Penyuluhan dan Diskusi langsung dibawakan oleh Deriko Widodo, S.ST. (Dinkop dan UMKM Depok).

Moerty Woedarto, S.H., M.H., M.Si., Pembina USB mengatakan dalam sambutannya dengan singkat, “semoga pelaksanaan penyuluhan ini dapat memberikan banyak kemanfaatan untuk seluruh anggota yang menghadirinya dan membantu untuk kelancaran proses pendirian KKSU-USB kedepannya”.

“Pelaksanaan penyuluhan diharapkan dapat sekaligus dilakukan diskusi secara komprehensif dengan Dinkop dan UMKM Depok, sehingga tidak terjadi salah faham baik dalam konsep pendirian termasuk pengajuannya ke Notaris mengingat Koperasi yang didirkan merupakan Underbow dari USB”, tegas M. Rusmono sebagai Ketum USB dalam sambutannya.

Pelaksanaan penyuluhan selain dihadiri oleh para Pengurus USB dan Anggota KKSU-USB juga dihadiri Errizka Fitriamadewi  BEY, S.E., S.H., M.H (Notaris KKSU-USB) yang akan melanjutkan proses penyelesaian perijinannya yang sekaligus turut serta dalam acara diskusi hingga tuntas dan selesai.

“Alhamdulillah semua mata acara dapat dilaksanakan dengan lancar dan semoga proses pendirian KKSU-USB kedepan termasuk perijinan ke Notaris dapat dilakukan dengan baik dan cepat terselesaikan”, pungkas M. Imam Suswandoyo sebagai Sekjend USB. (Red)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*