UMKM USB Deklarasikan Pendirian Koperasi Nasional Melalui Rapat Anggota

Utamasinergibangsa.com – Perjalanan waktu kian cepat berlalu, tak terasa aggota UMKM Utama Sinergi Bangsa (UMKM USB) semakin bertambah dan berkembang, yang kini membutuhkan adanya wadah tersendiri untuk melakukan sinergi keekonomian secara optimal dan profesional.

Dalam rangka mewadahi sinergi keekonomian antar anggota UMKM USB, Ketua Umum UMKM USB, M. Rusmono menggelar Rapat Deklarasi Pendirian Koperasi di Café Winaz Pakansari, Area SPBU 3416033, Jl. Tegar Beriman (Pemda), Pakansarim Cibinong, Bogor, Minggu, Pukul 11.00 Wib, 29 Nopember 2020.

Foto: Aktivitas Setelah Rapat.

M. Rusmono, S.E., M.Ak., sebagai Ketua Umum UMKM USB yang sekaligus sebagai pimpinan rapat mengungkapkan, “rapat dilaksanakan, pasalnya untuk merealisasikan salah satu program jangka panjang yang telah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) tentang pendirian Koperasi”.

Dengan didirikannya Koperasi diharapkan kedepan selain dapat membantu pencapaian tujuan Komunitas, juga banyak membantu para anggota UMKM USB yang utamanya dalam bidang optimalisasi pemasaran, edukasi kompentensi dan standarisasi produk agar mampu berkompetisi di pasar bebas.

Foto: Aktivitas Rapat.

Agenda rapat dikemas dengan apik dalam Rundown Acara yang meliputi Pembukaan dan Doa, Sambutan, Penjelasan Koperasi dan Tujuan dalam Komunitas, Deklarasi Pendirian dan Pemilihan Pengurus Inti Koperasi, Tanya Jawab dan Doa Penutup yang dibawakan oleh Heru Nugroho.

Palaksanaan rapat pun berjalan dengan lancar dam gemilang dengan dihadiri 21 perserta (Pengurus dan Anggota) yang menghasilkan Kepengurusan Koperasi, Kesepakatan Nama Koperasi yaitu “Koperasi Serba Usaha Utama Sinergi Bangsa (KSU USB), Besaran Setoran Pokok, Wajib dan Suka Rela serta lainnya.

Foto: Aktivitas Rapat.

Pengurus Inti KSU USB terpilih adalah Drs. Sugiharto Masruri, M.A., CM. (sebagai Ketua), Tri Cahyo Nugroho, S.E., M.Ak. (sebagai Wakil), Heru Nugroho, S.Pd.(sebagai Sekretaris) dan Nani Dianah (sebagai Bendahara) yang dilakukan berdasarkan pada hasil perolehan suara para peserta.

Drs. Sugiharto Masruri, M.A., CM., sebagai Ketua Koperasi terpilih mengatakan, “Koperasi sangat penting sebagai pendukung UMKM USB untuk digunakan sebagai wadah sinergi keekonomian para anggota yang saling menguntungkan”.

Foto: Aktivitas Rapat.

“Untuk itu penanganan dan pengelolaan koperasi agar dilakukan dengan baik dan profesional, dan mengingat UMKM USB meliputi Nusantara maka Koperasi yang dibentuk harus berskala Nasional”, tambah Sugiharto Masruri yang sekaligus berprofesi sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) Dakwah Universitas Islam Indonesia (UIN).

Foto: Aktivitas Rapat.

M. Imam Suswandoyo, S.E.M.Ak, sebagai Sekretaris Umum UMKM USB mengatakan dalam sambutannya, “Koperasi pun harus mengacu pada AD/ART yang telah ditetapkan oleh UMKM USB agar semua dapat dikendalikan dengan baik dan mengacu pada visi dan misi yang telah ditetapkan”.

“Semoga dengan adanya Koperasi, UMKM USB kedepan dapat berkembang dengan pesat, melalui kemudahan bantuan fasilitas yang akan diberikan oleh Pemerintah”, tambah Suharto, S.E., M.M., sebagai Wakil Ketua Umum dalam sambutannya, 

Foto: Aktivitas Rapat.

“Semoga Pengurus KSU USB dapat mengemban amanah dengan baik yang utamanya untuk membantu para anggota UMKM USB dapat berkembang dan naik kelas melalui Koperasi yang didirikan”, pungkas M. Rusmono yang sekaligus berprofesi sebagai Associate Director BDO Konsultan Indonesia. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Comments ( 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*