Penyuluhan KSU USB Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok

Utamasinergibangsa.com – Tahapan demi tahapan proses pendirian Koperasi Serba Usaha Utama Sinergi Bangsa (KSU USB) bergulir alamiah yang akhirnya sampai pada tahapan penyuluhan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok kepada para anggota dan pengurus KSU USB.

Di hari yang cerah dan penuh keceriaan, Ketua Umum UMKM USB, M. Rusmono menggelar Acara Penyuluhan Koperasi yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok di Godong Ijo, Jl. Raya Cinangka, No.60, Serua Bojongsari, Depok, pukul 10,00 Wib, 23/12/2020.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

M. Rusmono, S.E., M.Ak., Ketua UMUM UMKM USB yang sekaligus sebagai pimpinan penyelenggaraan Acara Penyuluhan Koperasi mengungkapkan, “hal tersebut dilaksanakan karena dalam rangka memenuhi persayaratan utama (mandatory) dalam pendirian Koperasi”.

Setiap pendirian Koperasi memang harus melalui tahapan itu, yang tujuannya untuk menjelaskan secara detail mengenai Pengertian Koperasi, Azas Koperasi, Tata Kelola Koperasi, Aturan Koperasi, Regulasi Koperasi dan lainnya agar tidak menyimpang dari jalur rel yang telah ditetapkan.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

Penyuluhan digelar secara apik dengan Rundown Acara meliputi Pembukaan, Sambutan, Peyuluhan Koperasi, Tanya Jawab, Penyerahan Buku Koperasi dan Penutup yang dbawakan secara apik oleh Eka Tatik Puji Astuti, S.Sos.

Palaksanaan penyuluhan pun berjalan dengan lancar dan gemilang dengan didampingi Errizka Fitriamadewi, S.E., S.H., M.Kn., sebagai Notaris dan dihadiri oleh sekitar 25 perserta (Pengurus dan Anggota) yang dibawakan oleh Deriko Widodo sebagai Kepala Seksi Kelembagaan Dinas Kopersi, Usaha Mikro (DKUM) dengan dibantu stafnya yaitu Nirmasnsyah Nasution.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

Penyajian materi Konsep Koperasi sampai dengan tanya jawab semua dapat dibawakan dengan lancar dan apik yang dilanjutkan dengan acara Penyerahan Buku Koperasi secara estafet kepada Ketua Umum UMKM USB dan dilanjutkan penyerahan kepada Ketua KSU USB yaitu Sugiharto Maruri.  

Deriko Widodo, S.ST, Kepala Seksi Kelembagaan DKUM Depok mengatakan, “Alhamdulillah Koperasi Depok juga telah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kedepan diharapkan dapat dilakukan sinergi secara baik dengan KSU USB”.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

Semoga dengan terlahirnya KSU USB kedepan dapat membantu perkembangan bagi koperasi-koperasi lainnya, mengingat KSU USB bersifat Nasional, yang diharapkan setelah penyuluhan dapat ditindaklanjuti bersama Notaris ke Kementrian Koperasi dan UMKM”, tambah Deriko Widodo.

Moerti Woedarto, S.H., M,H., M.Si., Ketua Pembina UMKM USB dalam sambutannya mengatakan, “Semoga dengan adanya KSU USB konsep sinergi UMKM USB dapat difasilitasi dan dikelola dengan lebih optimal yang lebih memfokuskan pada kepentingan dan kesejahteraan anggota”.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

Drs. Sugiharto Masruri, M.A., CM, Ketua KSU USB mengatakan dalam sambutannya juga, “pelaksanaan Penyuluhan ini yang sekaligus merupakan momentum resmi pendirian KSU USB dengan langsung menghadap ke Notaris merupakan acara Komunitas UMKM USB, mengingat KSU USB merupakan buah program jangka panjang dari UMKM USB yang telah resmi berlegalitas hukum”.  

“Pelaksanaan acara ini juga merupakan acara tindak lanjut dari hasil pertemuan dengan Dinas Koperasi dan UMKM Depok sebelumnya yang dilaksanakan bersama Nani Dianah (Bendahara KSU) bersama Notaris Koperasi, Kamis, 17/12/2020”, tambah Sugiharto Masruri dengan semangat.

Foto: Penyuluhan Koperasi Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Depok.

“Pendirian KSU USB harus dapat dijalankan dengan amanah yang selalu menitik-beratkan pada kebutuhan anggota dan dapat memberikan kemanfaataan yang dirasakan oleh para anggotanya sesuai dengan tujuan awal dari rumusan visi dan misi UMKM USB”, pungkas M. Rusmono sebagai Ketua Umum UMKM USB dalam sambutannya. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*