Batik Lukis Landscape Tunas Eka Sumaretno, Optimis Hadapi Situasi Pandemi Covid-19

Utamasinergibangsa.com – Kain batik merupakan buah cipta karya budaya warisan para leluhur bangsa yang sekaligus merupakan aset dan kebanggaan bangsa yang patut untuk di jaga dan dilestarikan sebagai ciri khas karya budaya bangsa Indonesia.

Tunas Eka Sumaretno, anggota UMKM Utama Sinergi Bangsa (UMKM USB) bidang Batik Lukis Landscape, kelahiran Jakarta tahun 1961, tetap optimis menekuni usahanya walaupun dihimpit Pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan saat berada di kediamannya Jl. Masjid Al-Ittihad, Kel. Bojong Pondok Terong, Kec. Cipayung, Depok, Pukul 14.00 Wib, Selasa, 07/10/2020.

Foto: Tampilan Produk yang Dihasilkan.

Situasi demikian, baginya dianggap sebagai suatu proses pendewasaan saja agar seluruh manusia kedepan dapat lebih mawas diri, lebih hati-hati, banyak berdoa, berfikir positif dan selalu bersyukur atas segala rahmat yang telah diberikan oleh Tuhan-nya.

Hal tersebut juga dianggap sebagai situasi yang memacu seluruh manusia untuk dipaksa lebih kreatif dan inovatif yang sekaligus up-grade pengetahuan dan skill guna melakukan transformasi menuju pola aktivitas berbasis teknologi dan digitalisasi.

Foto: Tampilan Produk yang Dihasilkan.

Untuk mengatasi hal demikian, memang tidak semudah membalik telapak tangan. Semua pastinya membutuhkan proses, karena tidak semua terlahir di  era Generasi 4.O. Namun harus tetap yakin karena semua peristiwa yang terjadi tentunya atas kehendak Tuhan, dan pastinya ada solusinya.

Atas dasar pertimbangan tersebut, ia pun berusaha menanamkan keyakinan pada dirinya untuk selalu optimis dapat mengembangkan usahanya yang telah dibangunnya sejak Maret 2019. Kini usahanya telah memiliki 4 orang karyawan, diantaranya Sri Wulandari, M. Rizki Nugroho, Budi Natalaksono dan Nurbayu Sudaryanto.

Foto: Tampilan Produk yang Dihasilkan.

Suatu hal yang patut untuk dijadikan sebagai contoh. Pasalnya, walaupun ia telah menjadi seorang Guru Seni Budaya di SMPN 183 Jakarta yang memiliki penghasilan tetap, namun ia selalu semangat dan gigih dalam melakukan usaha demi mengembangkan karya dan menciptakan kemanfaatan bagi banyak orang.

Beberapa produk yang telah mampu diciptakan Batik Lukis Landscape, seperti: Kain Lukis Primisima, Kemeja Batik Lukis Langsung, Gamis Lukis Langsung, Jaket Katun Lukis Langsung, Kaos Lukis Langsung dan Tas Katun Lukis dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat Indonesia.

Foto: Tampilan Produk yang Dihasilkan.

Tunas Eka Sumaretno mengatakan, “Solusi untuk mendukung usaha di era Pandemi Covid-19 yang terpenting sehat, perbanyak silaturahmi melalui WA Group Komunitas untuk promo serta menggunakan aplikasi lainnya seperi: Facebook, Twitter, Istagram dan Market Place”.

“Semoga karya Batik Lukis yang kami hasilkan kedepan dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia untuk dapat membuka peluang pasar yang semakin berkembang dan meluas”, terang Tunas Eka Sumaretno sambil tersenyum.

Foto: Tampilan Produk yang Dihasilkan.

“Batik Lukis ini juga sangat unik dan urban, proses 1 design batik hanya menghasilkan 1 karya, karena dilukis seara manual dengan menggunakan tangan”, pungkas  Tunas Eka Sumaretno. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Link Promo Batik Lukis Landscipe:

Cintai Seni Budaya dan Karya Indonesia (Karya Ketum UMKM USB):

Comments ( 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*