Kunci Bertahan Usaha di Era Pandemic Covid-19 Oleh Dapur Ibu Tien TMII

Utama sinergibangsa.com – Kondisi Pandemic Covid -19 memang sangat berpengaruh besar dampaknya pada keekonomian masyarakat, yang dalam hal ini khususnya adalah para pelaku Usaha Kecil Mikro Menegah (UMKM) dan Gurem.

Sambil menikmati menu andalan Dapur Ibu Tien, yaitu Soto Betawi dan Sop Daging yang rasanya sangat nikmat dan Mak Nyos…!!!?, dengan cita rasa khas, serta minuman teh tawar anget dan secangkir kopi hitam yang telah dihidangkan, terlintas fikiran untuk kepo bertanya-tanya dengan pemiliknya.

Pasalnya, terblesit rasa kagum dalam hati yang begitu besar karena hampir secara keseluruhan ruko-ruko disekelilingnya yang disewa untuk usaha semuanya telah tidak beroperasi, namun hanya ada satu saja yang masih beroperasi walaupun kondisi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) masih sepi.

Berdasarkan dari hasil bincang-bincang dengan pemiliknya, Tien dan Agus yang merupakan pasangan setianya, kunci yang membuat dirinya tetap bertahan salah satunya adalah Kesabaran dan Tawakal serta Pasrah dan Yakin dengan Kuasa Allah SWT. Disampaikan saat di Dapur Ibu Tien Kawasan Wisata TMII Foodcourt Skyworld, Jakarta, Sabtu, 30/08/2020.

Foto: Dapur Ibu Tien TMII.

Selain itu, spirit yang dapat membuat dirinya tetap bertahan juga karena mempertahankan kehidupan keluarga dan tetap memutar modal agar tidak tergerus habis dengan biaya kehidupan, walaupun omset dan keuntungannya tidak seperti saat sebelum Pandemic Covid-19.

Dalam kondisi seperti ini, agar usaha dapat tetap bertahan juga dituntut untuk berfikir kreatif, menjaga kualitas produk, membina pergaulan dan silaturhmi yang baik, banyak bergabung dengan komunitas serta menggunakan aplikasi online seperti Go Food, Grab Food atau lainnya.

Sajian menu Dapur Ibu Tien selain mengutamakan kualitas dan mutu material, hasil masakannya pun sangat lezat dengan cita rasa khas, yang meliputi sajian Menu Ayam Penyet, Ayam Bakar, Ayam Penyet Sambal Ijo, Ayam Kremes, Ayam Goreng Lengkuas, SOP Daging, SOP Ayam, Nasi Goreng Biasa dan Spesial, Soto Betawi Daging dan Aneka Minuman.

Tien pemilik usaha mengatakan, “kondisi demikian yang penting semangat untuk bertahan dan tetap banyak berdoa kepada Allah SWT, agar tetap dilindungi dan diberikan kesehatan serta kelancaran usaha.”

Foto: Pesanan Chatering Nasi Box Dapur Ibu Tien TMII.

“Sebelumnya kami pernah diliput oleh salah satu TV Swasta terkait dengan usaha yang kami kelola juga, mudah-mudahan semua dapat memberikan kemanfaatan dan Corona segera berlalu”, terang Tien sambil berbinar-binar bola matanya karena haru.  

“Terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan oleh UMKM Utama Sinergi Bangsa (UMKM USB) melalui sharing, spirit dan motivasinya buat bekal ilmu usaha dan penyemangat kami”, pungkas Agus sambil tersenyum senang.  (Utamasinergibagsa-Liputan)

Link Video Dapur Ibu Tien:

Bapak Agus anggota USB TMII, di tengah Pandemic covid 19 masih tetap mampu bertahan utk berjualan dan alhamdulillah masih lancar walaupun omset agak berkurang…Kuncinya tetap semangat dan istiqomah…

Dikirim oleh Utama Sinergi Bangsa pada Minggu, 27 September 2020
Video: Liputan TV.

Dikirim oleh Utama Sinergi Bangsa pada Selasa, 29 September 2020
Video: Lokasi Dapur Ibu Tien TMII.

Link Promo Dapur Ibu Tien TMII:

Cintai Seni Budaya dan Karya Indonesia (Karya Ketum UMKM USB):

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*