UMKM USB Realisasikan Transformasi Melalui Pagelaran Budaya Nusantara dan Bazar UMKM

Utamasinergibangsa.com – Transformasi merupakan sebuah proses perubahan yang dilakukan secara berangsur-angsur sehingga sampai pada tahap ultimate, perubahan yang dilakukan dengan cara memberi respon terhadap pengaruh unsur eksternal dan internal yang akan mengarahkan pada perubahan dari bentuk yang sudah dikenal sebelumnya melalui proses menggandakan secara berulang-ulang atau melipatgandakan.

Untuk dapat meningkatkan semangat dan optimalisasi usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diperlukan adanya transformasi konsep usaha yang tepat dan dapat memberikan nilai tambah atas kemanfaatan yang signifikan, terinegrasi dan dapat dirasakan kemanfaatannya bagi para pelaku UMKM.

Foto: Aktivitas Bazar UMKM USB.

Melalui kesempatan yang telah digelar oleh Anjungan Riau Taman Mini Indonesia Indah (TMII) melalui Ketua Anjungannya, yaitu Dr. Zulfikar yang mengangkat tema Pangelaran Budaya Nusantara Bersama Bazar UMKM Kuliner dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, UMKM USB sontak langsung mengambil kesempatan yang ditawarkan untuk sekaligus menerapkan metodologi yang telah ditetapkan yaitu 3Six5’One (3651) Methodology.

Pagelaran Budaya Nusantara dan Bazar UMKM ini dilaksanakan dalam rangka turut andil memeriahkan HUT RI ke-75 yang sekaligus melakukan sinergi yang terintegrasi untuk dapat mencapai optimalisasi hasil yang saling menguntungkan, yang dilaksanakan di Anjungan Riau TMII, Jakarta dari tanggal 28-31/08/2020.  

Foto: Aktivitas Bazar UMKM USB.

Sedianya pelaksanaan Pagelaran Budaya Nusantara dan Bazar UMKM hanya dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 28-30/08/2020, namun ditambah 1 hari di tanggal 31/08/2020 yang diberikan secara khusus kepada UMKM USB untuk turut tampil dalam melakukan Pagelaran Budaya Nusantara dan Bazar UMKM.

Dalam pelaksanaannya, UMKM USB mengkombinasikan 3 pilar utama dalam metodologi, yaitu dengan mensinergikan keekonomian dengan seni budaya dan religious (Ketuhanan Yang Maha Esa) agar tetap mengacu pada norma dan tetap terkendali sesuai kaidah seharusnya guna memberikan kemanfaatan ekonomi yang optimal.

Foto: Aktivitas Bazar UMKM USB.

Program dilaksanakan oleh tim kecil dalam bentuk Kepanitiaan yang diketuai oleh Ahmad Syarifudin dan dibantu oleh Kasie Operasional, Heru Nugroho, yang didedikasikan untuk mengelola Bazar UMKM, Kasie Seni Budaya, Irwan Aji Saputra (Irwan Gimbal) untuk mengelola Pegelaran Budaya Nusantara dan Kasie pendukung lainnya yang digelar di tanggal 31/08/2020.

Heru Nugroho, S.Pd., Kasie Operasional mengatakan,”alhamdulillah Bazar UMKM yang dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut dapat berjalan dengan lancar mengacu sistem dan prosedur tata kelola yang memadai dengan sistem pembayaran tersentralisasi dalam satu satu Kasir, dengan dibantu Yeni Farida dan Suratin”.

Foto: Aktivitas Gelar Budaya UMKM USB.

“Bazar UMKM USB diikuti +/- sebanyak 31 peserta yang terdiri dari beraneka jenis produk usaha seperti: Sabun Kecantikan dan Kesehatan Raja Borneo, Rengginang Yu’umi, Aneka Kue Kering Dapur IDR, Aneka Jajanan dan Coffee (Ahmad Fuad dan Kedai Mungil Fael), Fashion and Craft (Djejak Daun, Al-Izzah Collection dan Batik Lukis Prismasima), Aneka Souvenir (Chitus Art dan Souvenir Pohon Abadi), Aneka Pempek dan Tekwan Nads, dan aneka minuman dan makanan lainnya oleh Al-Hazaq, Omah Que, P-Yek Brem@ya, Dapur Doueer dan lainnya”, terang Heru Nugroho dengan semangat.

Irwan Gimbal, Kasie Seni Budaya mengatakan, “gelaran Budaya Nusantara juga diatur dengan sistem dan prosedur secara memadai yang dilengkapi Rundown Acara secara terstruktur, meliputi Pembukaan dan Doa, Sambutan-Sambutan, lagu Indonesia Raya, Tarian Nusantara, Games Impact, Talk Show, Tik Tok, Promo Produk UMKM USB, Penampilan Band (Areshall Bintang, Batang Rasa Band, Secret Setance Band, Anemondz Band dan Saepul Good Boy Band) dan Penutupan”.

Foto: Aktivitas Gelar Budaya UMKM USB.

“Semua pelaksanaan gelaran budaya alhamdulillah dapat berjalan dengan baik dan lancar juga berkat dukungan MC yang berkualitas dan memiliki jam terbang tinggi, yaitu Putri Arifia Utami”, terang Irwan Gimbal sambil tersenyum karena yang disebut adalah istrinya sendiri.  

“Kami segenap jajaran pengurus mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah turut mendukung kesuksesan pelaksanaan program ini, tak ketinggalan teruntuk Ode Mimi Sahati yang telah menyumbangkan kain sarung meja bazar dan Ayah Chandra sebagai Cameramen handal UMKM USB”, pungkas M. Rusmono, S.E., M.Ak., sebagai Ketua UMUM UMKM USB. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Link Video Aktivitas Program, sebagai berikut:

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*