Ketua RT.06 Perum CPV – Pulo Mangga, Amankan Warga dari Covid-19 dan Kriminalitas

Utamasinergibangsa.com – Penanganan Virus Corona (Covid-19) yang telah melanda hampir di seluruh pelosok tanah air Indonesia dan telah menjadi bencana nasional Indonesia, kini dilakukan secara menyeluruh. Dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) terkait Lockdown dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) serta anjuran lainnya, akhirnya hingga sampai tingkat Rukun Tetangga (RT) pun harus berkomitmen untuk bersama-sama mendukung penerapan PP.

Berdasarkan penuturan yang telah disampaikan oleh Aryato Budi Nugrho kepada Utamasinergibangsa-Liputan, dukungan yang dilakukan pada penanganan dan pencegahan Covid-19 karena demi keamanan dan keselamatan bersama untuk dapat memutus mata ratai penyebarannya. Hal ini disampaikan saat berada di kediamannya Perumahan Cinere Park View (Perum CPV), Jl. Pulo Mangga, Grogol, Limo, Depok, Minggu, Pukul 21.00 Wib, 19/04/2020.

Foto: Kegiatan Ronda Warga CPV dan Penyemprotan Lingkungan

Bencana ini tidak dapat dianggap enteng dan remeh karena telah banyak meregut banyak korban jiwa, untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 diperlukan adanya sinergi yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian, penanganannya dapat dilakukan dengan efektif dan optimal mengacu pada ketentuan PP. Bencana Covid-19 pun kini telah berimbas hampir di seluruh aspek sendi kehidupan masyarakat, baik ekonomi, sosial, politik, budaya dan agama.

Keganasan Covid-19 akhirnya disikapi oleh Pemerintah dengan dikeluarkannya PP terkait Lockdown dan PSBB dengan harapan dapat memutus mata rantai penyebarannya. Tak dapat dipungkiri kehadiran bencana Covid-19 sangat besar pengaruhnya pada sendi perekonomian masyarakat. Pasalnya, bencana ini berdampak juga pada terjadinya kepailitan usaha yang berujung pada pemutusan hubungan kerja karyawan dan semakin sulitnya mencari rezeki bagi para pengusaha kecil, pekerja tidak tetap, harian lepas dan lainnya.

Foto: Kegiatan Ronda Warga CPV dan Penjagaan Satpam

Sungguh merupakan bencana yang perlu disikapi bersama dengan penuh kelapangan dan kedewasaan dalam pemikiran yang jernih agar dapat diselesaikan dan dikendalikan secara bersama-sama dengan baik. Dengan kondisi perekonomian yang semakin sulit dan tidak menentu maka tidak menutup kemungkinan akan berdampak juga pada timbulnya kenaikan tingkat Kriminalitas Pencurian, karena sulitnya mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi bagi kehidupannya.

Untuk dapat menangani dengan baik pada penanganan dan pencegahan Covid-19 yang sekaligus efek lain yang ditimbulkannya, yaitu naiknya tingkat Krimininalitas Pencurian maka Aryanto Budi Nugroho, Ketua RT.006/RW.03 bersama dengan Koordinator Keamanan dan jajaran Pengurus lainnya, selain menggelar program kepedulian Covid-19 termasuk terdampak, juga menggelar program Ronda Giliran yang dilakukan oleh seluruh warganya.

Foto: Kegiatan Ronda Warga CPV

Aryanto Budi Nugroho, S.Sos., M.A., BKP, Ketua RT 006 Perum CPV mengatakan beberpa program yang telah digelar terkait penanganan Covid-19 seperti membentuk Tim Satgas Covid-19, melakukan Pembersihan Mushola, Penyemprotan Disinfektan di lingkungan perumahan, menerapkan Lockdown, Memberikan Himbauan dengan warga  terkait penanganan dan pencegahan dengan pola hidup bersih dan sehat, Penarikan Donasi untuk penanganan dan partisipasi bantuan terdampak dan lainya.

“Ronda bergilir yang dilakukan oleh warga dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan pada kemungkinan terjadinya risiko Kriminalitas Pencurian. Ronda dilakukan secara bergilir berdasarkan Jadwal Ronda yang telah ditetapkan yang pelaksanaannya tetap mengacu pada aspek keamanan anjuran Pemerintah terkait Covid-19”, terang Aryanto Budi Nugroho.

Foto: Kegiatan Ronda Warga CPV

Pelaksanaan ronda dibagi dalam dalam 2 (dua) pos yang dilakukan dengan menggelar tenda untuk perlindungan jika terjadi hujan, dan dilengkapi dengan peralatan-peralatan pendukung lainnya, tambah Indra sebagai Sekretaris RT.03 Perum CPV.

“Semoga segala upaya dan usaha yang dilakukan oleh warga RT.03 Perum CPV dapat memberikan banyak kemanfaatan, terutama bagi seluruh warga perumahan dan seluruh masyarakat Pulo Mangga pada umumnya”, timpal Supri Budiyanto sebagai Seksi Sarana dan Prasarana DKM Perum CPV.

Foto: Kegiatan Ronda Warga CPV dan Pembersihan Musholla

“Program ronda yang kami jalankan dalam lingkungan Perum CPV, semoga memberikan solusi dua arah yang selaras dalam menegakan kepedulian baik pada penanganan Covid-19 maupun keamanan lingkungan”, lanjut Maryoto sebagai Koordinator Keamanan Lingkungan.

“Pelaksanan ronda ini mulai dilaksanakan pada tanggal 13 April 2020, harapan dan doa kami dengan segenap warga semoga bencana Covid-19 cepat berlalu agar semua aktivitas kembali normal seperti semula ya Allah…!!!,” pungkas M. Ikbal sebagai salah satu warga Perum CPV. (Utamasinergibagsa-Liputan)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*