Artikel USB – Komunikasi yang Baik, Sumber Keselamatan dan Kesuksesan Hidup Anda

Dibuat Oleh: Utama Sinergi Bangsa (USB)

Utamasinergibangsa.com – Komunikasi adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide maupun gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Aktivitas komunikasi biasanya dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti.

Komunikasi agar dapat diterima dengan baik oleh para pihak, minimum dilakukan dengan konsep-konsep sebagai berikut :

  1. Tepat; Komunikasi hendaknya dilakukan pada waktu, situasi dan lawan bicara yang tepat, sehingga tidak mengundang ketersinggungan dan/ atau ketidaktertarikan dengan lawan bicara Anda.
  2. Benar; Komunikasi hendaknya dilakukan dengan konsep yang benar dan mengacu pada kontek pembicaraan yang dibahas, sehingga dapat mengundang ketertarikan lawan bicara Anda akan komunikasi yang disampaikan.
  3. Relevan ; Komunikasi hendaknya dilakukan dengan konten-konten yang dapat diterima akal, fikiran dan nalar sehat lawan bicara Anda, serta dapat dipertanggung-jawabkan, sehingga dapat diyakini dan diterima oleh lawan bicara Anda.  
  4. Cermat – Komunikasi hendaknya dapat menyesuaikan secara cepat dengan situasi dan gerak-gerik lawan bicara Anda, sehingga dapat memberikan ketertarikan dengan lawan bicara Anda.
  5. Dua Arah; Komunikasi hendaknya dilakukan dengan sistem dua arah, dimana satu sama lainnya harus saling menghargai, sabar dan menunggu ketuntasan lawan bicara Anda, sehingga maksud dan tujuan yang disampaikan jelas dan tidak salah faham.
  6. Baik; Komunikasi hendaknya dilakukan dengan metode yang baik untuk dapat diterima oleh lawan bicara Anda, sehingga lawan bicara Anda merasa nyaman dan senang.

Komunikasi dapat mencerminkan “Sifat, Karakter dan Kepribadian Anda”. Apakah Anda orang yang baik atau tidak, dan apakah Anda sebagai orang yang dewasa, sabar, luas pengetahuannya, supel, hebat, bijaksana dsb., semua tercermin pada “Sistem dan Konsep Komunikasi Anda”.

Komunikasi juga sangat mendukung pada tercapainya keberhasilan Anda, baik dalam berkarir di kantor, melakukan usaha, kemitraan dan lainnya. Komunikasi yang baik sangatlah penting untuk meraih dalam pengelolaan usaha Anda, karena dapat menarik empati para pelanggan Anda.

Biasakanlah Anda untuk menggunakan kosep komunikasi yang baik, jika Anda ingin dapat meraih keselamatan dan kesuksesan dalam kehidupan bermasyarakan, karir dan usaha Anda, karena “Komunikasi yang Baik adalah Sumber Keselamatan dan Kesuksesan Hidup Anda”.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat buat kebaikan kita bersama. (Utamasinergibangsa-Artikel)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*