Setyo Nur Utomo – UMKM USB, Pengusaha Kusen Kayu dan Mebel Inovatif

Utamasinergibangsa.com – Perjuangan dalam kehidupan usaha harus memiliki visi yang kuat agar mampu bertahan dalam menghadapi segala gelombang dinamika perubahan yang terjadi, baik perubahan gejolak alam, lingkungan, teknologi dan lainnya. Dengan demikian, dalam menjalankan usaha akan senantiasa jeli melihat peluang, dan terus melakukan inovasi demi keberlangsungan hidup usaha yang dijalankan.

Berdasarkan penuturan yang telah disampaikan oleh Setyo Nur Utomo kepada Utamasinergibangsa-Liputan, dirinya hampir kurang lebih selama 11 (sebelas) tahun menggeluti bidang usaha dengan bahan dasar kayu, yaitu sebagai pengusaha bidang “Bengkel Kusen Kayu dan Mebel” yang mulai dirintisnya dari tahun 2009 dengan nama usaha “PD Putra Mandiri” yang pada awalnya hanya dibantu oleh 2 (dua) karyawan, Hal ini disampaikan saat berada di tempat kediamannya Jl. Patriot Raya, Jakasampurna, Bekasi Barat,  Pukul 14.00 Wib, 03/03/2020.

Foto: Produk Hasil Karya PD Putra Mandiri

Suatu perjalanan perjuangan yang luar biasa, karena ia membuktikan telah mampu melewati berbagai macam permasalahan, liku-liku perjalanan pahit-getirnya usaha yang dirintis dan dibangun sedikit demi sedikit dapat mewujudkan impiannya, untuk masa depan keluarga dan orang-orang yang dikaryakan.

Pria kelahiran asal Bekasi dengan pendidikan terakhir SMU ini, patut diacungkan jempol, dan sekaligus menjadi sauritauladan. Pasalahnya, selain telah mempu menciptakan lapangan kerja, ia juga memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi dalam kepedulian membantu korban bencana alam. Terbukti ia telah memiliki pengalaman sebagai “Relawan Penanganan Korban Tsunami – Aceh” melalui Media Group (Metro TV) selama 3 (tiga) bulan (tahun 2006) dan Gempa Jojakarta melalui Basarnas yang dilakukan sebelum merintis usaha.

Foto: Produk Hasil Karya PD Putra Mandiri

Bukan hanya badai pasang surut usaha saja yang mampu ia jinakan, namun ia juga teruji sebagai Kesatria yang berani dan tangguh dalam membantu korban bencana alam sebagai Relawan. Prinsip dalam hidupnya sangat sederhana, namun jika dikaji lebih lanjut maka maknanya sangat dalam dan mulia, yaitu “Senantiasa berusaha untuk menjadi orang yang dapat bermanfaat bagi orang lain”.

Untuk dapat bertahan dalam memenuhi permintaan pasar, kami sebagai pengusaha dengan bahan dasar kayu harus terus belajar dari pengalaman. dan sensitif dengan realita perubahan yang terjadi untuk selalu berinovasi. “Dengan cara ini maka produk yang dihasilkan akan tetap dapat bersaing dan mampu diserap dalam pemenuhan kebutuhan permintaan pasar, yang tentunya diimbangi dengan standat mutu dan kualitas yang baik”, terang Setyo Nur Utomo.

Upaya inovasi harus senantiasa dilakukan mengingat pergerakan perubahan permintaan trend model terkini atas kebutuhan permintaan pasar yang sangat dinamis dan cepat sekali pergerakannya, termasuk melakukan diversifikasi produk (pengembangan produk) untuk memenuhi permintaan pasar agar usaha dapat terus berkembang.

Foto: Produk Hasil Karya PD Putra Mandiri

Diversifikasi produk yang telah ia lakukan diantaranya dengan memproduksi Kusen Alumunium, Kaca dan Interior, yang dilakukan sejalan dengan upaya peningkaan kualitas dan mutu produk, serta pelayanan demi tercapainnya kepuasan pelanggan untuk keberlangsungan hidup usaha.

“Alhamdulillah, usaha yang kami rintis dengan berbekal modal tekat dan keberanian yang selalu diiringi doa semakin terlihat hasilnya dan berkembang. Kini karyawan-pun bertambah menjadi 10 (sepuluh) orang, dengan permintaan order yang nilainya cukup lumayan dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan membayar semua karyawan yang kami pekerjakan”, tambah Setyo Nur Utomo sambil tersenyum.

“Bagi saudara/rekan-rekan yang berminat untuk memesan produk/jasa kami, informasi lebih lanjut dapat dilihat pada Rubrik Lapak Sinergi Anggota (Lapak-Siang) Website USB”, tutup Setyo Nur Utomo yang sekaligus mengucapkan terima kasih dengan Komunitas Utama Sinergi bangsa (USB) yang telah peduli dan berkenan membantu. (Utamasinergibangsa-Liputan)

Link Promo Produk dan Jasa, sebagai berikut:

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*