Menteri Teten Gandeng Bea Cukai Permudah Ekspor UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, tengah menggagas kamar ekspor khusus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam pembuatan kamar khusus ini Teten akan menggandeng Bea Cukai Kementerian Keuangan.

Dengan adanya kamar Khusus ekspor ini, UMKM bisa lebih mudah melakukan ekspor.

“Kita coba kemarin, menggagas tentang kamar ekspor bersama UMKM dengan Bea Cukai. Ini lagi kita godok, bulan lalu kita udah coba ekspor ke China produk makanan UMKM, seperti kripik-kripik ternyata bisa,” kata Teten kepada awak media, di Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Teten melihat, banyak pelaku UMKM yang sebelumnya kesulitan untuk melakukan ekspor, dibanding pelaku UMKM yang sudah bekerjasama dengan perusahaan besar, karena perusahaan besar memiliki kemampuan untuk masuk ke pasar global.

Dengan adanya kamar ekspor diharapkan nantinya pelaku UMKM, tidak perlu mengkhawatirkan sertifikasi ekspor atau kesulitan lainnya.

“Jadi nanti bisa mendapatkan sertifikasi on arrival, seperti visa on arrival jadi distributor di sana yang akan mengurus,” ungkapnya.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4161697/menteri-teten-gandeng-bea-cukai-buat-permudah-ekspor-umkm

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*