Menkop Gandeng UNIDO Percepat Digitalisasi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, akan jajaki kerjasama perdagangan dengan Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO), serta dengan dubes Austria, untuk mengembangkan digitalisasi UMKM.

Dubes Austria Darmansjah Djumala, juga memaparkan bahwa tujuan dirinya bertemu dengan Menkop adalah untuk memberikan peluang, yang ditawarkan oleh UNIDO dalam rangka digitalisasi UMKM.

UNIDO adalah bantuan teknik untuk mengembangkan software dan dalam rangka mendesain software untuk mengekspos UMKM dengan menggunakan teknologi sehingga mereka bisa memasarkan produknya dengan menggunakan aplikasi,” kata Darmansjah di Ruang Kerja Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Selanjutnya, Djumansjah menyampaikan beberapa kemungkinan untuk UMKM Indonesia bisa mengadakan pameran di Wina Austria, dimana kota Wina itu merupakan pusat paling tengah di uni Eropa.

“Kalau mengadakan pameran, semua negara Eropa akan hadir. Oleh karena itulah tadi Saya tawarkan kepada Pak Menteri untuk juga mengundang atau mendorong UMKM Indonesia untuk ikut pameran di Wina, yaitu UMKM yang bergerak di bidang furniture industri wood product, dan bidang gastronomi (makanan, seni),” ungkapnya.

Karena bidang gastronomi sangat cocok, untuk menunjukkan produk beras hitam Indonesia yang belum pernah dipamerkan.

Sehingga, hal itu menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan di pasar uni Eropa. Rencananya pameran akan diselenggarakan bulan September tahun ini.

Sementara, untuk industri kayu akan diselenggarakan pameran apda bulan Maret mendatang.

“Dua kesempatan ini plus satu unit tadi akan kita garap mulai dari sekarang tentu saja dengan koordinasi dengan pak menteri,” pungkasnya.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/4158396/menkop-gandeng-unido-percepat-digitalisasi-umkm

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*