Ketum USB Gelar Rapat Pembahasan Kerja Sama Sertifikasi Halal Dengan Direktur LPH-YPH

Utamasinergibangsa.comSelain pentingnya kelengkapan perijinan usaha oleh para pelaku UMKM/UKM, pengusaha juga harus melengkapi Sertifikasi Halal yang khususnya untuk ruang lingkup usaha kosmetik dan kuliner yang dikelolanya.

Sertifikasi Halal untuk usaha bidang kosmetik dan kuliner menjadi hal yang wajib karena pencantuman Label Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini sangat penting, yang tidak hanya sebatas untuk konsumen saja melainkan juga untuk para produsen.

Label Halal selain dapat memberikan manfaat terhadap jaminan rasa aman bagi para konsumen, juga memberikan jaminan proses produksi secara layak dan beretika terhadap produk yang akan diperjual-belikan untuk dikonsumsi dengan  aman yang terhindar dari unsur-unsur yang tidak halal.  

Mengingat pentingnya Sertifikasi Halal bagi para UMKM/UKM maka Ketua Umum Utama Sinergi Bangsa (Ketum USB), M. Rusmono bersama pengurus USB dan Koperasi USB lainnya menggelar rapat bersama dengan Direktur Lembaga Pemeriksa Halal – Yayasan Pemeriksa Halal (LPH-YPH) yang sekaligus Direktur Rumah Sakit (RS) Ummi Bogor, Dr. Najamudin, M.Pd secara daring pada Sabtu, 17/07/2021.

Gelaran rapat daring dari pihak USB dihadiri oleh M. Rusmono (Ketum USB dan Ketua Dewan Pengawas Koperasi USB), Marwan Muchtar (Ketua Dewan Pakar USB dan Pembina Koperasi USB), M. Imam Suswandoyo (Sekretaris Umum USB dan Dewan Pengawas Koperasi USB), Tri Cahyo Nugroho (Kabid Akuntansi dan Keuangan USB dan Ketua Koperasi USB), Heru Nugroho (Ketua DPD USB Bogor dan Sekretaris Koperasi USB), Hj. Nani Dianah (Sekretaris DPD Tangerang dan Bendahara Koperasi USB), dan Yuli Cahyaningsih (Dewan Pakar DPD Bogor dan Kabid Perdagangan Produk Anggota Koperasi USB).

Rapat juga dihadiri oleh Direktur LPH-YPH yang sekaligus Direktur RS Ummi Bogor (Dr. H. Najamudin, M.Pd.), Manager Koperas Abuba RS Ummi Bogor (Suherman) dan Bagian Sertifikasi Halal (Suharto Assegaff) untuk mendiskusikan langsung terkait dengan konsep kerja sama Sertifikasi Halal dengan USB.

M. Rusmono, S.E., M.Ak., Ketum USB yang sekaligus Ketua Dewan Pengawas Koperasi USB mengatakan, “secara prinsip kerja sama penyelenggaraan Sertifikasi Halal harus dilakukan karena sangat penting peranannya untuk mendukung para UMKM/UKM”.

Rapat selain mebahas kerja sama terkait  dengan Sertifikasi Halal juga membahas mekanisme kerja sama antara Koperasi USB dengan Koperasi Abuba RS Ummi yang kebetulan Direkturnya adalah Dr. H. Najamudin, M.Pd. juga.

“Untuk dapat tumbuh menjadi besar bersama maka sudah sepatutnya kita harus melakukan kerja sama dengan berbagi pihak secara professional termasuk dengan LPH-YPH dalam penyelenggaraan Sertifikasi Halal dan Koperasi Abuba RS Ummi Bogor”, terang M. Rusmono.

“Pembahasan mekanisme lebih lanjut terkait dengan konsep kerja sama akan ditindak-lanjuti dengan copy-darat setelah Pandemi Covid-19 agak mereda sehingga clear”, tambah Dr. H. Najamudin, M.Pd.

“Untuk keamanan dan kenyamanan bersama maka diperlukan tindak lanjut bersama untuk dapat duduk bersama membahas secara lebih spesifik dan menuangkan dalam perjanjian kerja sama”, pungkas Marwan Muchtar, M.Sc., sebagai Ketua Dewan Pakar USB yang sekaligus Pembina Koperasi USB.   (Red)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*