Lurah Puspanegara Citeureup Gelar Pelatihan Porang Gandeng Ketua Dewan Pakar DPD USB Bogor

Utamasinergibangsa.com – Pelatihan Pemerintahan Desa/Kelurahan merupakan hal yang sangat penting dalam upaya pembinaan masyarakat guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di segala bidang kehidupan untuk pemberdayaan dan mendukung tercapainya optimalisasi pembangunan.  

Pemberdayaan dan Penataan Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan (P2LK) merupakan suatu hal yang sangat penting untuk kemajuan masyarakat berdasarkan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 45) dan Bhineka Tunggal Ika.

P2LK pelaksanaannya diatur secara tertib mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (khususnya pasal 229) yang bertujuan untuk dapat mengoptimalkan peran dan fungsi Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan melalui pembedayaan dan penataan P2LK.

Dalam kaitannya dengan pelaksanaan P2LK, Abdullah SAP yang merupakan Lurah Kelurahan Puspanegara Citeurep  menggelar pelaksanaan Pelatihan Porang untuk mengupas tuntas tentang proses pembibitan, penanaman, pemanenan dan pemasaran Porang yang saat ini menjadi tanaman prospektif.

Gelaran pelaksanaa Pelatihan Porang dilakukan berdasarkan dari sumber dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indosemen yang diberuntukan sesuai permohonannya dengan menggandeng Yuli Cahyaningsih Ketua Dewan Pakar UMKM Utama Sinergi Bangsa (USB) DPD Bogor sebagai Pemateri.

Pasalnya, Yuli Cahyaningsih merupakan Pelaku Pertanian Porang yang sekaligus sudah menjadi pakar Pertanian Porang. Pelatihanpun digelar secara marathon dalam dua hari di di Ruang Serba Guna Kolam Renang Ciburial Cinangneng, Jl. Abdul Falah KM.06, Tenjolaya, Bogor, dari tanggal 25-26/06/2021.

Yuli Cahyaningsih dalam wawancaranya tanggal 27/06/2021 di Cibinong, mengatakan,”pelaksanaan Pelatihan Porang ini dilaksanakan oleh Abdullah SAP sebagai Lurah Puspanegara Citeureup beserta staf perwakilan dari setiap Kelompok RW dan Ketua Pemberdayaan Masyarakat”.

Dalam pelaksanaan pelatihan, Lurah Puspanegara Citerurep juga menyampaikan, “pelaksanaan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan yang sekaligus keahlian bagi para pesertanya untuk bersama mencapai optimalisasi pembangunan Desa/Kelurahan”.

“Walaupun capek sebagai Pemateri tunggal selama dua hari berturut-turut dalam pelaksanaan Pelatihan Porang namun saya merasa puas dan bahagia karena sekaligus sebagai ladang ibadah dalam berbagi ilmu yang bermanfaat untuk kemajuan bersama”, tambah Yuli Cahyaningsih dengan semangat.

“Harapan saya semoga Lurah Puspanegara Citeurep dan lainnya kedepannya dapat bersinergi secara menyeluruh dengan Komunitas UMKM USB diberbagai bidang pelatihan yang tidak terbatas pada Penanaman Porang saja untuk kemajuan bersama secara profesional”, pungkas Yuli Cahyanigsih. (Red)  

Foto Lainnya, sebagai berikut:

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*