M. Rusmono (Ketum USB); Serukan UMKM Indonesia Agar Menetapkan Harga Reseller

Utamasinergibangsa.comPenetapan harga pada produk usaha adalah sangat penting untuk dapat membangun kerja sama atau sinergi dalam rangka percepatan penjualan atas produk yang dihasilkan agar dapat terjual dengan cepat di pasaran.

Distribusi produk di pasaran merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh terhadap maju mundurnya usaha yang dikelola, banyak pelaku usaha yang memiliki kualitas produk baik namun produknya biasa saja dan tidak begitu laku di pasaran.

Sebaliknya, tak sedikit juga pelaku usaha memiliki kualitas produk biasa saja namun produknya dapat terjual cepat dan laku keras di pasaran. Ini semua akan tergantung dari bagaimana sistem dan metode pemasaran yang dibangun dalam mengelola usaha.

M. Rusmono, S.E., M.Ak., Ketua Umum Utama Sinergi Bangsa (Ketum USB) dalam bincang-bincangnya mengatakan, “khususnya pelaku UMKM Indonesia agar dapat berkembang dengan cepat dan pesat, seyogyanya dalam mengelola usaha harus dapat bersinergi dalam konsep Reseller”.

Sinergi yang dimaksud adalah dapat bekerja sama dengan para pelaku UMKM lainnya untuk dapat menciptakan jaringan distribusi produk yang luas. Ini disampaikan saat dirinya berada di kediamannya Perum Cinere Park View, Grogol, Limo, Depok, Minggu, 13/06/2021.

Untuk dapat membangun sinergi tersebut, minimalnya pelaku UMKM harus memulai untuk menetapkan harga Reseller dan Harga Pasar. Dengan demikian dapat tercipta kerja sama untuk saling mempromosikan dan menjualkan produknya dengan standar harga yang sama di pasaran.

Contoh ilustrasinya, produk ditetapkan dengan Harga Pasar 150rb, harapan keuntungan dari Harga Pasar sebesar Rp 50rb. Jika dijual sendiri keuntungan pribadi Rp 50rb, dan jika ditetapkan harga Reseller misalnya sebesar Rp 125rb maka keungtungan pribadi menjadi sebesar 25rb dan Reseller Rp 25rb.

Pendapatan yang diperoleh Reseller merupakan bagi hasil atas margin keuntungan yang telah ditetapkan pengusaha. Memang pendapatan berkurang secara fisik, namun jika penjualan dibantu 1000 Reseller handal maka berapa nilai keuntungan yang akan diperoleh.

“Cukup fantastis pendapatan yang diterima dan dapat mendorong peningkatan produksi serta perputaran uang dalam usaha yang cepat dan tidak banyak capek sendiri”, tambah M. Rusmono yang berprofesi sebagai Konsultan Manajemen dan Keuangan.

Sejalan dengan waktu jika usaha tumbuh besar maka jaringan distribusi produk pun dapat dikemabangkan dalam bentuk Distributor dan Keagenan yang sekaligus menetapkan Harga Distributor dan Keagenan untuk jaringan distribusi produk dengan skala lebih besar dan luas.

“Jangan jadikan pelaku usaha yang lain menjadi pesaing Anda, namun sinergikan untuk saling mempromosikan dan menjual produk usaha yang dihasilkan guna memberikan kemanfaatan dan keberkahan bersama”, pungkas M. Rusmono dengan penuh semangat dengan gaya khasnya. (Red)

Comments ( 0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*
*
*